my homework

my minithesis, first chapter. it’s talking bout relationship between application of responsibility accounting and effectiveness of cost in advertising, printing and media company.

HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DENGAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BIAYA PADA PERUSAHAAN JASA PERIKLANAN, PERCETAKAN DAN MEDIA

BAB I

TUGAS METODE PENELITIAN AKUNTANSI

Disusun Oleh:

Faradila Prameshwari


Program Akuntansi

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS INDONESIA

2009

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Penelitian

Pada saat ini pertumbuhan dan persaingan bisnis mengharuskan perusahaan untuk bersaing serta mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang dapat menghambat jalannya bisnis perusahaan. Perusahaan harus mampu menjaga kelangsungan hidup perusahaan, meningkatkan laba, mensejahterakan pemegang saham dan karyawan, dan mensejahterakan masyarakan dan lingkungan. Meningkatnya persaingan bisnis di Indonesia, maka membuat adanya persaingan dan meningkatnya produk dan jasa dalam pasar. Agar produk atau jasa dapat terjual dengan baik maka diperlukanlah perkenalan produk atau jasa kepada masyarakat atau dapat disebut dengan promosi. Dalam hal promosi ini biasanya perusahaan akan menyerahkannya kepada perusahaan yang bergerak pada bidang periklanan, percetakan, dan media.

Jasa periklanan, percetakan, dan media  dituntut oleh pelanggan agar dapat melakukan visualisasi dalam periklanan dengan tepat agar tepat sasaran. Selain itu dengan meningkatnya teknologi dan komunikasi saat ini perusahaan harus bersaing dengan ketat dan harus dapat menjaga loyalitas pelanggan dengan melayani pelanggan dengan jasa yang sesuai keinginan pelanggan. Aktivitas jasa periklanan, percetakan dan media yaitu mulai dari pembuatan cap, spanduk, percetakan, pelayanan konsultasi pemasaran, pelayanan perencanaan dan pemesanan media, sampai pelayanan kreatif yang merupakan penyampaian atau visualisasi pesan-pesan komunikasi suatu produk, jasa maupun kegiatan. Selain dalam penyampaikan produk, suatu perusahan jasa ini juga melakukan penyampaian pesan komunikasi berupa berita dan hiburan.

Luasnya kegiatan pada jasa subsektor ini, terutama pada perusahaan besar membuat pimpinan melakukan pendelegasian wewenang dan tanggung jawab ke tingkat pimpinan di bawahnya dalam pengambilan keputusan, sehingga semua masalah dapat ditangani dengan baik. Dengan adanya pendelegasian wewenang ini, maka perlu diterapkan akuntansi pertanggungjawaban yang merupakan suatu sistem untuk mengendalikan tanggungjawab tiap unit kerja atau departemen yang lebih dikenal pusat pertanggungjawaban. Pengendalian yang dijalankan manajemen ini merupakan bagian dari sistem pengendalian manajemen yang dikembangkan untuk membantu manajemen dalam mengendalikan kegiatan operasi perusahaan. Pelaksanaan pengendalian yang dilakukan melalui penerapan akuntansi pertanggungjawaban adalah dengan cara mengelompokkan tanggung jawab dan menggariskan secara jelas hubungan satu bagian dengan bagian lainnya dalam perusahaan, disertai dengan pertanggungjawaban dari masing-masing tingkatan secara terinci.

Akuntansi pertanggungjawaban merupakan metode dalam pengendalian biaya. Biaya dalam sistem akuntansi pertanggungjawaban dihubungkan dengan manajer yang memiliki wewenang untuk mengkonsumsi sumber daya. Karena sumber daya yang digunakan harus dinyatakan dalam satuan uang dan itu merupakan biaya, maka sistem akuntansi pertanggungjawaban merupakan satu metode pengendalian biaya yang memungkinkan manajemen untuk melakukan pengelolaan biaya.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis tertarik untuk menyusun skripsi dengan judul: “Hubungan Antara Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Dengan Efektifitas Penggunaan Biaya Pada Perusahaan Jasa Periklanan, Percetakan dan Media”

1.2 Rumusan Masalah

Dalam penulisan skripsi ini yang menjadi pokok masalah adalah : Apakah terdapat hubungan antara penerapan akuntansi pertanggungjawaban dengan efektivitas pengendalian biaya pada perusahaan jasa periklanan, percetakan dan media?

1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :

Untuk menganalisa ada tidaknya hubungan antara penerapan akuntansi pertanggungjawaban dengan penggunaan pengendalian biaya

1.4 Manfaat Penelitian

Manfaat Penelitian :

Penelitian ini harapan agar penelitian dapat berguna bagi semua pihak, antara lain :

a. Bagi perusahaan :

– Sebagai bahan masukan dalam bidang pengendalian yang berhubungan dengan penerapan akuntansi pertanggungjawaban dan agar perusahaan dapat lebih meningkatkan pengendalian tanggungjawab departemen dalam mencapai efektivitas pengendalian biaya

b. Bagi penulis :

– Dapat dijadikan bahan perbandingan antara teori yang didapat dari bangku kuliah dengan     praktek yang terjadi di lapangan.

c. Bagi pembaca :

– Sebagai tambahan pengetahuan dalam memahami penerapan akuntansi pertanggungjawaban terhadap efektivitas pengendalian biaya

.

1.5 Batasan Masalah

Untuk mempermudah didalam memahami penelitian ini, penulis membatasi lingkungan penelitian yaitu hanya pada perusahaan jasa periklanan, percetakan dan media yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia yang terdiri dari delapan perusahaan antara lain, PT Abdi Bangsa, Tbk, PT Fortune Indonesia, Tbk, PT Indosiar Karya Media, Tbk, PT Jasuindo Tiga Perkasa, Tbk, PT First Media, Tbk, PT Media Nusantara Citra, Tbk, PT Surya Citra Media, Tbk, dan PT Tempo Inti Media, Tbk.

1.6 Sistematika Penulisan

Pembahasan akan berpusat pada hubungan antara akuntansi pertanggungjawaban dengan efektivitas pengendalian biaya. Untuk lebih mengarahkan penelitian, penulisan penelitian dibagi menjadi lima bab sebagai berikut:

BAB I : PENDAHULUAN

Bab ini berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, serta sistematika penulisan.

BAB II : KAJIAN PUSTAKA

Bab ini menerangkan teori yang digunakan untuk memecahkan masalah yang dikemukakan. Bab ini membahas tentang akuntansi pertanggungjawaban, pusat-pusat pertanggungjawaban, penentuan kontrobilitas biaya, efektivitas pengendalian biaya, hubungan akuntansi pertanggungjawaban dengan efektivitas pengendalian biaya dan telaah penelitian terdahulu.

BAB III : METODE PENELITIAN

Bab ini akan menerangkan mengenai data-data yang diperlukan yang meliputi populasi dan sampel, sumber data dan teknik pengumpulan data, definisi dan pengukuran variabel penelitian, teknik pengujian data, rancangan pengujian hipotesis.

BAB IV:HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Bab ini mengemukakan hasil analisis data yang telah dilakukan, berupa penerapan akuntansi pertanggungjawaban, pengendalian biaya, pengolahan data,pembahasan dan pengujian hipotesis. .

BAB V: KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bab ini diambil suatu kesimpulan secara keseluruhan dari hasil penelitian yang dilakukan, juga memberikan saran-saran yang bermanfaat bagi pihak-pihak yang terkait.

First chapter 🙂

well btw if you’re thinking bout getting a free rapidshare account or get money, open this site (click).  one of money maker in internet. or this: http://www.awsurveys.com/HomeMain.cfm?RefID=faradums . it’s cool :p

Advertisements

One Response to my homework

  1. untuk mendapatkan beberapa reverensi Penelitian dan Tugas Akhir , yang di publikasikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: